Selasa, 17 Februari 2015

Pengantar Pelajaran Bahasa Ngapak

Oke, mulai hari ini saya akan sedikit berbagi ilmu pengetahuan yang sangat dan teramat penting untuk dipelajari. Kenapa? Ya supaya blogku ini isinya nggak Cuma galau-galau dan kesedihan saja tapi juga ada ilmu yang bermanfaat bagi siapapun yang tersesat membaca blog ini.
            Kalian pasti sering mendengar si artis (lumayan) cantik dan seksi sekali Kartika Putri berkata-kata dengan logat aneh kan? Iya betul, dia sedang mempraktekan gaya bahasa atau logat bahasa ngapak. Bahasa ngapak adalah bahasa pergaulan, bahasa daerah yang digunakan di kota-kota berikut; Brebes (tapi ada sebagian kecamatan yang berbahasa Sunda), Tegal, Pemalang, Purbalingga, Banjarnegara, Banyumas, Cilacap dan sebagian kecil orang Pekalongan.

dok pribadi
.
            Ada perbedaan-perbedaan mendasar antara bahasa ngapak Brebes dengan Tegal dan juga antar satu daerah dengan daerah lain. And of course, Ngapak Language is not as lebay as Kartika Putri pronounces. Ingat, tulisan bahasa ngapak dibaca apa adanya tidak seperti bahasa Jawa Semarang, Jogja dan kawan-kawannya. Misalnya, di bahasa ngapak ada kata “Lara” yang artinya sakit, maka cara membacanya juga tetap lara, bukan “loro” atau “Loru”. Cara mengucapkan “sendal” juga tetep sendal, bukan sendol. Oke?
Perbedaan misalnya di Brebes-Tegal kata “kamu” kita menggunakan “koen” maka di daerah Banyumas, Cilacap kata “kamu” dikatakan “Ko”. Contoh, di Brebes & Tegal, “Wa, koen wis adus durung?” artinya; Mas, kamu sudah mandi belum?. Maka di Banyumas-Cilacap mereka berkata, “Wa, ko wis adus durung?”. Perbedaan lainnya adalah penambahan kata akhiran, di Brebes-Tegal biasanya menggunakan –sih, sebagian juga menggunakan -jeh maka di daerah Banyumas-Cilacap biasanya menggunakan –koh. Ingat, koh bukan artian koh nya China ya.

Nah, dalam pengantar pelajaran bahasa ngapak ini aku ingin tegaskan pada siapapun yang membaca ini, bahwa pelajaran yang ingin aku sampaikan adalah bahasa ngapak versi Brebes. Itu adalah kota yang terkenal, khas dengan telur asinnya, sate blengong, nasi lengko dan jalan berlubang dimana-mana. Haha. Pelajarannya insyaAllah mulai besok ya, ini Cuma pengantar saja. Jangan lupa ya follow twitterku entar aku kasih cipok deh :* emmuah ...... #LOL ... Hah? Toli nyong kudu ngomong wow kaya kuwe??? 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MINTA KOMENTARNYA, GAN :D