Selasa, 27 Maret 2012

Ramai-ramai Boyband


          Pernahkah sebelumnya kalian membayangkan dunia musik Indonesia  akan dipenuhi oleh boyband-girlband ? dimulai dengan kemunculan Smash, 7icons, xo-ix ah, sampai gak tahu deh sekarang udah berapa banyak jumlah mereka di Indonesia. Belum lagi salah satu stasiun Tv swasta nambah-nambahin jumlah Boyband-girlband di Indonesia lewat acara Boyband-girlband Indonesia (BGBI). Yang salah satu pesertanya pada pake jilbab, tapi bawahannya celana strit (emmm streat ? street ? ah pokoknya gitu) stress banget deh itu girlband.
 Bener banget, acara-acara di Tv Indonesia memang tengah penuh sesak oleh boyband-girlband. Dimulai sejak pagi sampai yang malam hari, setiap ada acara musik bisa dipastikan ada boyband yang nyelip di antara banyak musisi. Lantas kenapa ya kok bisa sekumpulan cowok-cowok menari-nari, yang hanya bermodal tampang ganteng, biasanya ada yang sok-sok an dibuat imut atau sok cool, malah ada yang gendut dan aneh, kalau lagi manggung pakai jas kayak mau ke pasar, eh kantor ya ? malah ada yang belahan dadanya kelihatan kayak mau netekin, bisa mendominasi tayangan di tv ?

          Dulu, waktu saya masih mondok di Ponpes Al-hikmah 2 ada sebuah fenomena unik yang terjadi di kalangan santri. Fenomena itu adalah, jika ada satu santri putra melewati gerombolan santri putri, maka dia akan digodain (disorakin atau semacamnya) begitu pula sebaliknya. Baik yang putra ataupun putri tidak berani nggasaki lawan jenis mereka jika tengah sendirian. Yap, mereka hanya berani jika melakukannya beramai-ramai, plus ada satu dari mereka yang membuat ide dan mau mengawali. Kadang ada juga gerombolan santri putri yang hanya bisik-bisik ketika ada santri putra lewat, tanpa menggodai dengan suara keras.


          Hubungan antara fenomena maraknya boyband-girlband dengan kisah santri di atas adalah satu, melakukan sesuatu dengan beramai-ramai. Mereka akan terlihat aneh jika hanya sendirian. Begitu pula Boyband pun girlband, akan terlihat aneh sekali jika hanya ada satu grup di negeri ini. Bayangkan, Smash tampil di tengah-tengah Slank, Jamrud, dsb, disaat grup band lainnya ngerock,pop, Smash malah nari-nari jengkelat-jengkelit sambil bawa microphone pura-pura nyanyi (lipsing). Lucu, aneh. Dan begitulah tanggapan yang nonton. Malah ada yang nganggep boyband itu kumpulan homo. Namun, itu tadi, dalam suatu komunitas harus ada yang berani malu duluan untuk maju, dan Smash melakukannya. Mereka akhirnya pede karena sekarang mereka punya banyak teman dalam wujud grup-grup cowok yang doyan menari-nari lemah gemulai. Teori ini tidak hanya berlaku untuk kemunculan boyband-girlband saja, tapi untuk aksi demonstrasi juga bisa lho. Bayangkan deh, jika ada unjuk rasa yang orangnya cuma satu orang, lucu kan ?. 


Oiya, menurutku sih mereka (boyband-girlband yang ada di Indonesia) bukanlah plagiat, entah itu dari Korea atau Amerika, karena kesamaan konsep bukan berarti plagiat. Contoh, konsep Sepakbola adalah 11 melawan 11, maka ketika banyak orang melakukannya bukan berarti plagiat, kan ? sama dengan boyband-girlband, konsep dasar mereka adalah menari dan menyanyi (atau pura-pura nyanyi). Ketika ada banyak orang yang membentuk boyband, bukan berarti dia melakukan plagiarism, dia hanya memakai konsep dasar dari membentuk boyband-girlband.

Saya terus terang bukan penggila boyband-girlband, tapi saya adalah penikmat musik, jadi gak peduli siapa yang menyanyi, asal musiknya enak didengar ya enjoy aja. Teruslah berkarya teman-teman, toh nyatanya banyak juga yang menerima kalian. Hidup musik Indonesia….!!!!

2 komentar:

  1. heleehh.. maksa bangeett tulisane :D
    nek gak suka, yo gak suka ajah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukannya gak suka mbak,,,,,,,,,,,, tapi aku merasa kegantenganku jadi banyak tersaingi....... hahaha

      Hapus

MINTA KOMENTARNYA, GAN :D