Jumat, 30 Maret 2012

Sarung Rangers


            Bagaimana tanggapan kalian ketika pertama kali melihat orang memakai sarung ? wah, pasti sebagian kalian berpikiran kalo dia itu alim ? atau malah norak ya ? hahaha aku sendiri kalau lagi make sarung pasti dilihatin, trus malah biasanya ada yang pake acara ucapin salam, “Assalamualaikum pak ustadz” hahaha ada-ada saja. Bagaimana dengan kalian ?
            Sarung, sarung adalah sepotong kain lebar yang dijahit pada kedua ujungnya sehingga berbentuk seperti pipa/tabung. Bisa juga diartikan sebagai sepotong kain yang penggunaanya dibebatkan di pinggang, untuk menutupi badan anggota bawah. Sarung, walaupun banyak orang bilang norak, soalnya kayak bapak-bapak, memiliki banyak fungsi lho. Bahkan hemat saya, manusia jika mampu mencontoh sarung akan benar-benar menjadi manusia. Maksudnya apa ya silakan diartikan sendiri hehehe. Sarung paling banyak dipakai oleh kaum muslim, terutamanya ketika mau shalat. Dalam hal ini ada omongan unik, katanya kalau mau membedakan mana yang orang NU mana yang orang Muhammadiyah, lihat saja apa yang dia pakai ketika sedang shalat. Jika dia pakai sarung, maka dia adalah orang NU, jika dia pakai celana maka dia adalah orang Muhammadiyah. Lucu. Haha.


            OOT bentar ah, kadang aku mikir, orang Indonesia kok suka memperdebatkan hal-hal sepele ya. Termasuk ya itu tadi, NU-Muhammadiyah yang sampai sekarang masih saja suka berdebat berujung perselisihan. Hal-hal kecil selalu diperdebatkan, padahal yang diperdebatkan juga maslah-masalah furu’iyah.
            Back to first topic, Sarung.hehehehe. selain untuk shalat, sarung juga digunakan untuk pelengkap busana-busana di daerah. Kayak betawi, di Palembang juga iya pake sarung. Sarung juga digunakan untuk lomba lho, buktinya ada lomba balap sarung. Hahahaha. Apa lagi ya kegunaanya, oiya, bias juga buat sajadah bagi yang gak punya sajadah. Ahaaa…….. bahkan ada orang yang memakainya untuk merampok lho,,,,,,,,, ya kan ? dipakai buat nutupin matanya, gak tahu apa emank jadi keren, atau sebab dia gak punya uang buat beli topeng .


            Melihat banyaknya kegunaan sarung, manusia yang memakainya pun harusnya punya banyak fungsi. Ya gak ? apalagi fungsi sosial, yang dewasa ini sedikit banyak dilupakan. Ah, capek aku Forza Juve…….. !!!! maaf kalau tulsan ini gak jelas :p Oiya, ada yang mau nambahin fungsi sarung ? hehehe. Kenapa pula kyai lebih suka pakai sarung ???oiya tambahan, si Unyil juga pakai sarung lhooooooo hahahaha

1 komentar:

  1. Sarung sangat fungsional dan menarik untuk dijadikan desain yang lebih kompleks...
    terimakasih...

    BalasHapus

MINTA KOMENTARNYA, GAN :D