Jumat, 16 Maret 2012

Kumpulan Maqolah Sahabat, Tabiin dll



            Postingan kali ini adalah ringkasan-ringkasan yang ada di buku saya sewaktu masih mondok di Ponpes Al hikmah 2 Benda Sirampog Brebes. Cekidot :
* Hati tertutup oleh tiga hal ; 1. Senang dengan yang ada 2. Susah terhadap yang hilang 3. Gembira dengan pujian (Ibrahim Bin Adham)
* Bencana pertama yang menimpa umat ini setelah wafatnya Nabi mereka adalah Kekenyangan. Jika suatu kaum sudah kekenyangan, tubuh mereka akan gemuk, hati mereka menjadi lemah dan syahwat mereka menjadi kuat. (Ummul Mukminin Sayyidah Aisyah)
* Kebaikan akan melahirkan kebaikan-kebaikan lainnya, begitu pula dengan keburukan akan melahirkan keburukan-keburukan lainnya (Al Imam Ibnu Katsir )
* Shalatlah 2 rakaat di keheningan malam untuk gelapnya alam kubur. Berpuasalah di hari yang sangat panas untuk lamanya hari kebangkitan (Abu Dzarr Al-ghifari)
* Takutlah kamu dari membelenggu kitab, yaitu menggudangkannya tanpa dibaca ( Al Imam Azzuhry)
* Jangan ceramah terlalu lama (Al Imam Azzuhry )
*Siapa yang banyak omongannya, akan banyak kesalahannya (Umar bin Khottob )
* Anugerah yang tersisa bagi pelaku dosa ; 1. Allah tidak menutup jalan rezekinya 2. Allah tidak mencabut kesehatannya 3. Allah tidak memperlihatkan rahasia dosanya di depan umum 4. Allah tidak menyiksanya segera di dunia (Sa’ad ibnu Bilal)
* Menghamba pada yang Maha Mulia niscaya akan mulia, menghamba pada yang hina niscaya akan terhina (Abu Bakar Ash shiddiq)
* Barang siapa masuk ke dalam kubur tanpa bekalan yang dibawanya, maka ia seperti berlayar di lautan tanpa perahu (Abu Bakar Ash shiddiq)
* Ada tiga hal yang sangat dibenci oleh orang-orang namun aku justru menyukainya. Ketiga hal tersebut adalah kefakiran, sakit dan kematian. Mengapa ? karena kefakiran adalah ketenangan hati, sakit adalah pelebur dosa dan mati adalah pertemuan dengan Allah. (Abu Darda)
* Tidak gemilang umat akhir zaman, melainkan kembali melaksanakan apa yang telah menyebabkan umat terdahulu menjadi gemilang (Imam Maliki)
* Cinta tak menemukan kedalamannya hingga saat perpisahan (Kahlil Gibran)

Cukup dulu ya….. ntar disambung ke episode selanjutnya hehehehe Semoga bermanfaat ^_^


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MINTA KOMENTARNYA, GAN :D