Rabu, 04 November 2015

Tipe-tipe Anak Kecil Ketika Shalat

Anak-anak mengaji setelah shalat

Aku sering memperhatikan beberapa anak kecil yang shalat di masjid ini. Tingkah mereka yang polos memang terkadang lucu, gemesin dan seringnya ngeselin sih. Gimana nggak ngeselin kalo pas kita sedang shalat (yang susah banget buat Khusyu’) mereka malah begini, nih. Check it out !
   
1.    Bersuara Keras
Pasti dong agan-agan sekalian juga mendapati anak-anak tipe ini. Yakni ketika Imam membaca surat al-Fatihah mereka juga ikut-ikutan baca, namun dengan suara yang lebih keras dan lebih cepat dari Imam! Aku kadang menggumam dalam hati, “mentang-mentang sudah hafal pamer-pamer ke jamaah yang lain.” Hahaha. Bukan apa-apa, itu bingungin yaa. Imam masih baru nyampe Iyyaka Na’budu wa iyyaka nasta’in, eh si bocah itu sudah nyampe wa ladhollin aja. Udah gitu pake diaminin sendiri lagi.
2.    Telat bilang aamiin.
Ini juga nih lumayan ngeselin. Sebenarnya walaupun telat, kita para dewasa nggak masalah lah. Yang bikin kesel, udah telat bilang aamiin mereka pake suara volume full. Jadi gini;
Imam                           : wa laaddhoooooolllliiiiiiin
Makmum Dewasa      ; aamiin
5 detik kemudian
Anak kecil                   ; AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNN !!!!

*Hufffth* untung ngga ada yang iseng nyaut, “SYUKUUURR”
*Patak Sendal*

3.    Mendahului Gerakan Imam
Bukan sembarang mendahului, tapi mereka para anak kecil mendahului Imam dengan gerakan 100 km/jam.! Yaa, mentang-mentang udah hafal gerakan-gerakan shalat sih jadi sok-sokan pamer gitu deh =D.
4.    Jalan-jalan di depan Jamaah Dewasa
Ini adalah hal paling mainstream yang dilakukan anak kecil ketika ikut jamaah di masjid/mushola di seantero jagat. Entah kenapa dan entah apa yang di benak mereka? (ning kana ne keprimen ya?)
Selain jalan-jalan depan jamaah, biasanya mereka juga sambil menghitung jumlah jamaah. Satu dua tiga empat lima .... eh tadi berapa ya? Satu dua tiga... penggen nggetak janne tapi cucunya pak Bambang. =))
5.    Nangis
Ah yang ini nih mengganggu banget deh. Berisik. Soalnya ketika nangis mereka pasti sambil merengek minta pulang gitu, kan...
6.    Bercanda sendiri.
Ini juga lumayan mengganggu jamaah orang dewasa yang sedang mencoba untuk Khusyu’. Bukan apa-apa, mereka ngobrol dengan suara yang bisa aku dengar. Dan mereka ngobrolin NARUTO ! kan aku jadi kepengen ikut nimbrung.

Ya, itulah sebagian tipe anak kecil yang ikut shalat jamaah di masjid. Bagi kalian para orang tua, jangan sekali kali memarahi mereka hanya karena 6 hal tersebut. Bicarain lah secara baik-baik, mau tetap lanjut apa mau lebih baik putus saja. #eehhh. Bagaimanapun, memperkenalkan mereka dengan ibadah-ibadah memang harus dilakukan semenjak usia dini. Kalo toh mereka nangis, bercanda dan sebagainya yaa namanya juga anak kecil. Toh nanti seiring bertambahnya usia, mereka tidak akan melakukan 6 poin diatas itu. Iya, toh?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MINTA KOMENTARNYA, GAN :D